BEBERAPA CARA MENGECEK TAGIHAN LISTRIK CUMA PAKAI SMARTPHONE

Ini guys.. Ada beberapa cara supaya kamu bisa mengecek tagihan listrik. Yuk, simak beberapa caranya di bawah ini!


1. Cek Tagihan Lewat SmartPhone

Langkah ini bisa dilakukan oleh semua orang, walaupun mereka belum memiliki smartphone sekalipun. Kamu bisa menghubungi call center PLN dengan handphone biasa atau telepon rumah. Kamu hanya cukup menekan tombol 123 dan akan dipandu langsung mengecek tagihan listrik bulanan.
Layanan dari PLN ini pun cukup mudah dan responsif karena kamu bisa langsung berbicara dengan petugas yang siap membantu. Hebatnya lagi, kamu bisa melakukan panggilan kapan saja karena layanan call center PLN bisa diakses selama 24 jam.


2. Kirim SMS untuk Melihat Tagihan PLN

Mungkin saja kamu tidak sedang dalam kondisi bisa melakukan panggilan, bisa karena sedang berada di jalan atau pulsa telepon kamu sudah tidak mencukupi. Nah, kamu bisa mengirim pesan singkat ke PLN untuk mengetahui jumlah taginan listrik kamu.
Caranya pun tidak sulit, bahkan kamu bisa berlangganan supaya bisa mendapatkan SMS pemberitahuan setiap bulannya. Kamu cukup mengetik REK(spasi)No ID pelaggan dan kirim ke 8123. Untuk berlangganan, kamu cukup ketik REK(spasi)ON(spasi)No ID pelanggan dan kirim ke 8123. Kamu akan dikenakan tarif SMS normal untuk mengirimkan pesan ini.

3. Berlangganan e-Billing PLN

Ada cara lain untuk kamu bisa mengingat tagihan listrik PLN bulanan dan tidak melewatkannya. Kamu bisa mendaftarkan no ID pelanggan di situs resmi PLN. Kamu tinggal pilih tagihan rutin bulanan dikirim ke alamat email kamu. Jangan lupa, masukkan alamat email yang kamu pasang di smartphone kamu, ya!
Nantinya, kamu akan mendapatkan email tagihan pada tanggal yang sama setiap bulannya. Pesan tersebut pun akan tersimpan di dalam inbox email kamu. Jadi, sewaktu-waktu mau mencarinya, kamu tinggal ketik “tagihan PLN” di kolom pencarian.

4. Aplikasi PLN Mobile

Kamu juga bisa mengecek tagihan langsung dari aplikasi PLN mobile yang bisa di unduh gratis untuk smartphone berbasis Android dan iOS. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa melihat tagihan listrik PLN kapan aja hanya dengan membuka aplikasinya. Selain itu, kamu juga mengecek harga token listrik beserta jumlah kWh yang akan kamu dapatkan nantinya.

5. Bayar PLN Lewat Traveloka

Traveloka App juga bisa memberikan kemudahan untuk kamu mengecek tagihan listrik PLN sekaligus membayarnya langsung. Kamu cukup masuk ke menu Tagihan & Isi Ulang dan pilih menu “Listrik PLN”. Setelah itu, masukkan nomor ID pelanggan dan tagihan kamu akan segera muncul di layar smartphone. Lanjutkan dengan klik tombol “Bayar” dan pilih cara pembayaran yang menurut kamu paling mudah.
Selain bisa bayar listrik pln, kamu juga bisa bayar tagihan rutin bulanan lain dengan aplikasi Traveloka. Karena bisa membayar semua tagihan dengan lebih mudah, kamu bisa membayar tagihan dalam waktu bersamaan. Dengan begitu, kamu bisa menghindari keterlambatan bayar tagihan.

Aceh Utara - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com