Tanda Kesehatan Ini Menunjukkan Kamu Butuh Relaksasi


Ada banyak hal yang bisa memicu stres pada seseorang. Mulai dari pekerjaan, sekolah, masalah keluarga, hubungan, dan masalah lain yang tidak kita ketahui.
Jika dibiarkan berlarut-larut kondisi ini akan merusak tubuh.
Tanda Kesehatan Ini Menunjukkan Kamu Butuh Relaksasi

Oleh karena itu, relaksasi adalah hal yang penting untuk dilakukan. Relaksasi akan membuat kondisi mentalmu lebih tenang, damai, serta siap untuk menghadapi dunia lagi. Kapan ya harus dilakukan?
Secepatnya, jangan ditunda jika kamu mengalami tanda-tanda kesehatan berikut ini. 
1. Kamu sering mimpi buruk
Akhir-akhir ini kamu sering terbangun di tengah malam karena mimpi buruk? Mimpi dikejar, mimpi hantu, dan lainnya sebenarnya cukup normal jika terjadi sesekali. Namun jika hampir setiap malam kamu mendapatkannya berarti ada ketidakseimbangan sistem saraf yang serius, menurut laman Power of Positivity
Dilansir dari Mayo Clinic, stres, depresi, dan gangguan kecemasan adalah penyebab utama dari mimpi buruk. Ini terjadi karena otak berusaha untuk memproses pikiran-pikiran negatif saat tidur. Hasilnya, otak akan mencerminkan pemikiran tersebut ke dalam adegan-adegan menyeramkan di mimpimu.
2. Sulit tidur di malam hari
Walaupun kamu tidak mengalami mimpi buruk, stres bisa membuatmu sulit untuk terlelap di malam hari. Bagaimana ini bisa terjadi? Dilansir dari Medical News Today, hormon kortisol dan adrenalin yang dilepaskan otak ketika sedang stres adalah penyebabnya.
Kedua hormon tersebut meningkatkan detak jantung dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh, termasuk saat kita ingin tidur. Kondisi ini menyebabkan tubuh jadi lebih aktif dan sulit untuk beristirahat. Ketika hal ini terjadi, stres akan menjadi siklus yang tidak ada hentinya.
3. Kamu jadi sering sakit
Stres yang berkepanjangan bisa membuat tubuh sakit secara fisik. Menurut data dari jurnal JAMA Internal Medicine tahun 2013, 60 hingga 80 persen pasien yang datang ke dokter ternyata mengalami penyakit yang disebabkan karena stres.
Kenapa ini bisa terjadi? Saat stres, otak mengeluarkan hormon kortisol yang bisa melemahkan sistem imun tubuh. Ketika hal itu terjadi, segala bakteri, virus, dan partikel asing lain yang masuk tidak dapat dibasmi. Akhirnya, kamu jadi sering sakit.


Aceh Utara - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com