Pentingnya Mempersiapkan Kesehatan Fisik Sebelum Kehamilan

Melakukan persiapan kehamilan dengan latihan-latihan baik fisik maupun mental memiliki dampak yang signifikan, tidak hanya bagi kesehatan si calon ibu, tetapi juga demi masa kehamilannya nanti. Sebagaimana kita ketahui, kehamilan bukanlah sebuah proses yang mudah untuk dilalui begitu saja. Ada berbagai macam hal yang harus dihadapi.

Pentingnya Mempersiapkan Kesehatan Fisik Sebelum Kehamilan

Baca juga: Rajin Minum Air Kelapa Saat Hamil Bikin Bayi Terlahir Putih
 
Selama masa kehamilan yang berlangsung sembilan bulan, tubuh mengalami beberapa perubahan fisik yang berkaitan dengan berbagai sistem tubuh, seperti sistem otot dan tulang serta sistem jantung dan pernapasan. Selama beberapa dekade terakhir, studi menunjukkan bahwa para pasangan telah lebih memahami akan perubahan tubuh saat hamil dan pengetahuan pada masa awal kehamilan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kondisi fisik pasangan saat merencanakan kehamilan, misalnya, olahraga ringan yang aman untuk menjaga kesehatan sebelum dan setelah mengandung.


Para peneliti medis telah menemukan pentingnya menjaga kekuatan otot dasar panggul dan tulang belakang serta sendi panggul. Latihan pada otot dasar panggul meningkatkan kekuatan otot dasar panggul yang akan membantu menyokong tulang belakang dan bagian panggul, terutama pada tahap akhir kehamilan.


Kesehatan otot dasar panggul juga dapat meningkatkan kualitas aktivitas seksual dan mengurangi risiko gangguan pada saluran kencing setelah melahirkan. Latihan yang berfungsi untuk memperkuat stabilitas inti tubuh dapat membantu memelihara kesehatan tulang belakang. Mempunyai kekuatan tubuh yang baik dapat meningkatkan keseimbangan dan kestabilan individu serta meminimalkan risiko trauma tulang belakang ataupun jatuh pada saat hamil.

Memiliki jantung sehat dapat pula membantu mengatasi beberapa gejala fisik selama kehamilan. Ini membantu meningkatkan atau menjaga kadar energi wanita serta membantu mereka mengatasi peningkatan kondisi psikologi yang dapat terjadi saat mengandung dan mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan. Kemampuan mengontrol pernapasan pun akan turut membantu Anda mengatasi rasa sakit.


Dengan demikian, dengan memiliki otot-otot yang kuat serta jantung yang sehat, akan dapat membantu Anda untuk mempermudah proses melahirkan sang buah hati tercinta.


Dikutip dari: Dr Wei Siang Yu

Aceh Utara - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com